Minggu, 20 Maret 2016

Kegiatan Eskul Di SMP Labschool Jakarta

Di SMP Labschool Jakarta terdapat berbagai macam eskul.Dimulai dari Teater,Saman,Zelofus,Paskibra,Fotografi,Panahan,BT2Q,Band,Paduan Suara, Dan masih banyak lagi. Setiap siswa wajib mengikuti satu eskul dan satu eskul wajib, eskul wajib diikuti saat kita baru kelas 7 yaitu eskul Pramuka. Saya sendiri mengikuti 2 eskul yaitu eskul zelofus dan eskul paskibra. Saya tertarik mengikuti dua eskul ini karena saya suka hal hal yang ada kaitannya dengan fisik.Kali ini saya akan menceritakan pengalaman saya dengan eskul zelofus atau tari tradisional dan modern.

Pada awal kami masuk ke SMP Labschool Jakarta diadakan ekspo eskul dimana semua eskul tampil untuk menunjukkan ekul eskul tersebut. Akhirnya saya memiih untuk mengikuti eskul zelofus dan paskibra. Satu minggu setelah ekspo eskul diadakan audisi untuk zelofus, Jujur saya sangat gugup karena saya sendiri ingin mengikuti eskul zelofus akhirnya giliran saya untuk audisi setelah audisi saya pulang. Seminggu setelah audisi akhirnya diumumkan siapa yang keterima audisi dan siapa yang tidak keterima. Ternyata saya keterima audisi sementara yang tidak keterima menerima semua keputusan dengan lapang dada.Setelah diterima di zelofus saya membayar sejumlah Rp.600.000 per semester

Eskul paskibra, saya bangga ketika mendengar nama eskul ini karena saya bisa membawa nama baik sekolah ke jenjang yang lebi tinggi. Sebelum kita dilantik kita harus memakai nametag dan dipanggil dengan capas. Waktu itu saya masih kaku dengan gerakan saya lama kelamaan saya mulai terbiasa dengan gerakan paskib yang harus cekatan namun harus sempurna.Sampai wakjtu itu ada pemilihan untuk menjadi pasukan yang akan berlomba di algation di alazka. Saya gugup dan agak gemetaran karena saya ingin mengikuti lomba paskibra.setelah di pilih akhirnya nama saya dipanggil saya kaget akhirnya saya berdiri dengan cengar cengir di mulut say. Waktu berjalan akhirnya waktu lomba dilaksanakan saya gugup tapi pasuka saya berhasil melakukan gerakan paskibnra dengan cekatan namun sempurna. Setelah lomba dilaksanakan pemenang diumumkan, ternyata pasukan dari SMP Labschool Jakarta menang kami bangga karena baru pertama kali lomba kami sudah bisa menambah prestasi ke nama baik sekolah

Pelantikan Saksi 2016

SAKSI merupakan singkatan dari Studi dan Apresiasi Kepemimpininan Siswa Indonesia. Seperti yang sudah diketahui, SAKSI adalah sebuah kewajiban bagi semua siswa siswi Labschool. Biasanya SAKSI dilaksanakan di Sangga Buana, tetapi SAKSI tahun ini dilaksanakan di Dodik Latpur, Gunung Bunder, Bogor. Tepatnya pada tanggal 5-7 Februari 2016.Sebelum SAKSI dilakukan kegiatan pra-SAKSI. Kegiatan ini dilakukan sebelum SAKSI untuk mempersiapkan keperluan pada saat SAKSI nanti. Contoh kegiatan pra-SAKSI adalah lari yang biasa dilakukan hari jumat, latihan baris berbaris atau yang sering disebut PBB, mengecat tongkat, membuat vandel, latihan fisik , memilih ketua dan wakil dan lain berbagainya. Pra-SAKSI dilakukan selama 3 hari di sekolah SMP Labschool Jakarta. Setelah melewati masa pra saksi kemudian kita diberi waktu istirahat satu hari sebelum Saksi.. Kegiatan ini dilakukan sebelum SAKSI untuk mempersiapkan keperluan pada saat SAKSI nanti. Pra-SAKSI dilakukan selama 3 hari di sekolah SMP Labschool Jakarta. Stelah melewati masa pra saksi kemudian kita diberi waktu istirahat satu hari sebelum . Pada tanggal 5 februari kami dikumpulkan dipagi hari untuk pembukaan apel untuk menuju ke Gunung Bunder.Pada saat selesai apel kami pun berjalalan menuju tronton kami masing-masing sesuai kelas. Disana juga diadakan outbond yang sangat seru seperti flying fox, menyebrang dengan satu tali,menuruin tebing, melempar kapak, jalan di dua tali dan yang satu lagi merayap kemudian mengambil vandel. Pada saat outbond orang tua dapat mengunjungi lalu melakukan baksos disana. Setelah merayap kita berbaring di lapangan kemudian diberi nasihat oleh para osis. Setelah itu, kita diberi tanda pelantikan oleh kakak pembimbing kita. Kita juga pergi ke curug dengan berjalan kaki, disana kita dapat mandi, basah basahan dan main air. Di hari terakhir merupakan pemgumuman peserta SAKSI terbaik , vandel terbaik, tongkat terbaik dan peraga busana terbaik.Akhirnya kami pun sudah mendapatkan tanda saksi 2015 yang kakak-kakak osis berikan kepada kami.Akhirnya kamipun jalan ke tronton kami masing-masing.Kita pulang agak jam 2 an, akhirnya kita pulang kerumah masing-masing.

Pelantikan Pramuka Penggalang SMP Labschool Jakarta 2016

Pukul jam 06.30 kita dikumpulkan di hallma untuk pengarahan.Di dalam pengarahan kita di arahkan tronton berapa yang akan kita naiki.Disini kita memakai perlengkapan Pramuka dengan lengkap.Contohnya kacu dengan ring warna merah penanda bahwa kita tingkatan penggalang,topi untuk perempuan dan baret untuk laki-laki, tanda WOSM, tanda pelantikan,tanda regu, tanda nama,tanda kwartir daerah serta tongkat di cat merah kuning dan tali kuur.Regu boungenville mendapat tronton 5, selesai apel pembukaan kita langsung ke tronton untuk berangkat ke studio alam tvri.
Setelah sampai di studio alam tvri ketua regu di kumpulkan untuk diberi arahan tentang games yang akan segera dilakukan dan peraturan-peraturanya.Setelah diberi arahan kita diberi kertas soal sebagai awal dimulainya games.setelah mengerjakan soal yang sudah diberi kita dipersilahakan ke pos 1.Soal yang diberi berisi tentang dasar-dasar pengetahuan calon-calon penggalang ramu.Disini kita boleh liat buku panduan.
Pos 1 dimana kita ditanyakan tentang dasadarma dan tri satya.Di sini kelompok saya ditanyakan dengan secara acak.Selain ditanyakan tentang dasadarma kita ditanyakan tentang penera[ppan dasadarma dan trisatya dalam kehidupan sehari-hari.Untuk tidak tersesat kita harus mengikuti arah kepala ikan yang ditempel di tiang atau batang pohon.
Pos 2 kita di tanyakan tentang pegetahuan semapur kita dimana kita harus menebak kata yang di buat oleh semapur.Disini kita membawa semapur sendiri di rumah kita juga di tes tentang pengetahuan semapur kita.Selain itu regu yang paling cepat untuk menjawab pertanyaan.
Pos 3 dimana kita melakukan pioneering dan melakukan berbagai macam simpul.Disini kita juga membuat tandu.Disini memang agak rumit karena tandu nya tidak boleh terlalu kecil maupun terlalu besar.dan kita harus membawa salah satu anggota di tandu ke pos 4.
Pos 4 dimana kita membawa tandu dan melewati rintangan.Rintangan tersebut berbeda-beda dari regu yang lain.Regu Boungenville mendapat rintangan yaitu dada sebelah kiri dibalut dan kita melewati rintangan sambil mengangkat tandu tanpa mengenai tanah.Disini memang yang tersulit tapi disini juga yang terasik.
Setelah kita melakukan tes di pos 1, pos 2, pos 3,dan pos 4 kita tes pbb tongkat dimana kita melakukan hormat ke bendera,ke orang lain dengan menggunakan tongkat.Disini ka tris yang menguji hormat kepada bendera ,istirahat di tempat, dan hormat kepada orang tak lupa juga posisi siap.Setelah melakukan pos kita diberi soal tentang morse kita mengerjakan soal tersebut jika kita tidak bisa mengerjakan maka kita tidak akan dilantik sebagai penggalang ramu Pramuka.Soal tersebut memang rumit.
Setelah selesai semua kegiatan, kami diperbolehkan untuk sholat dzuhur dan makan siang sesuai dengan regu masing-masing. Setiap regu menggelar tikarnya masing-masing. Lalu, setelah waktu makan siang telah selesai, kita melakukan gladi resik upacara pelantikan pramuka. Dimulai dengan sambutan, penyematan nomor gugus depan dan penutupan. Setelah gladi resik selesai, upacara pelantikan pun dimulai. Upacara berlangsung sekitar 30 menit. Upacara pelantikan pun selesai. Setelah upacara pelantikan telah dilaksanakan ada sedikit penampilan dari tim semapur yang menang juara 2 di lomba se Jakarta timur di global sevilla.Setelah penampilan semapur selesai kita melakukan apel penutupan dan kembali ke tronton.Di tronton kami bergurau dan bercanda serta makan-makan snackj yang masih ada adapula yang tertidur kareena lelah atau capek ada juga yang menelfon orang tua untuk memberi kabar atau sekdar memberitahu untuk menjemput di SMP Labschool Jakarta.Setelah sampai kita langsung pulang kerumah masing-masing.